Masalah Ginjal

Masalah ginjal (buah pinggang) yang banyak dialami adalah masalah pegal-pegal di pinggang, kencing tidak lancar, banyak menahan kencing, batu ginjal, kencing tidak keluar (edena), kencing darah, dan lain-lain. Masalah ginjal ada kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Biasanya apabila kondisi kerusakan ginjal masih di bawah 25% belum memberikan kesan rasa sakit pada diri pasien.

Berdasarkan sebuah penelitian, orang tua yang menderita masalah ginjal, sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.

Seseorang yang menderita masalah ginjal biasanya pada telapak tangannya terdapat tanda-tanda sebagai berikut :

* Ruas pertama seluruh jari terlihat kembung/bengkak air
* Ruas pertama jari telunjuk keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.
* Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah)
* Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.
* Mata berkantong atau mata kaki bengkak, menandakan adanya masalah ginjal dan jantung.
* Ruas ujung-ujung jari bengkok ke dalam, menandakanadanya masalah batu ginjal atau asam urat.

Simptom (gejala) yang biasa timbul pada penderita masalah ginjal antara lain : terasa sakit di pinggang, obesitas (kegemukan), kesemutan pada ujung jari, dan pernah terjatuh dalam keadaan duduk (kecelakaan).

Komentar